PUJON MENANGKAN LOMBA TARI SAMAN

PUJON MENANGKAN LOMBA TARI SAMAN

0 166

Humas-Lomba Tari Saman dalam rangka Hari Jadi ke 1256 Kabupaten Malang yang sudah berlangsung selama enam hari sejak dibuka Bupati Malang 24 Oktober 2016 hingga 26 Oktober 2016 berakhir hari ini, Sabtu (29/10). Keluar sebagai juara pertama Kecamatan Pujon.

Beruntun menempati juara 2, Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, juara 3 Kecamatan Pagak. Sedangkan juara harapan 1 diraih Badan Kepegawaian Daerah dan menepati juara harapan 2, Dinas Kesehatan.

Dalam sambutannya saat menutup Lomba Tari Saman, Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna menjelaskan bahwa perlu ada pemahaman yang sama bahwa  tari saman ini adalah tarian Torikoh yang merupakan suatu cara mendekatkan diri kita kepada Allah melalui dzikir yang ada di dalamnya.”

“Setiap negara punya ciri khas sendiri, Seperti halnya saman dari Kecamatan Pagak dan  Kecamatan Gondanglegi satu sama lain juga berbeda. Masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Tarian ini mengajak bagaimana orang Islam harus berpegang teguh pada ajaran Islam,” terang Bupati Rendra

“Sebagaimana pakemnya, ada sholawat, kisah dan pesan yang disampaikan dalam tarian yang biasa ditampilkan dari sore hingga pagi  kurang lebih hingga 8 jam ini. Hingga para penari saman ini hanyut dalam trance dengan dzikir yang dilantunkan. Dengan kreatifitas yang terus kita kembangkan, kita akan terus mencari bentuk yang sesuai dengan karakteristik Kabupaten Malang itu sendiri,” Jelas Bupati lebih lanjut, tak lupa juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dan ungkapan terima kasih kepada para peserta yang sudah turut ambil bagian.

Comments are closed.