SOSIALISASI HUKUM DI DESA NGAJUM

SOSIALISASI HUKUM DI DESA NGAJUM

0 207

20161115_155017

Undang – Undang Dasar 1945 dalam penjelasan umumnya menyatakan secara tegas, bahwa Indonesia adalah negara yang berdasarkan pada hukum (rechstaat) dan tidak berdasarkan atas kekuasaan belaka (machsstaat). Dengan konsep negara hukum tersebut, maka aturan hukum mengikat kepada segenap warga masyarakat tanpa terkecuali para penguasa di negara Indonesia, dalam rangka untuk tercapainya fungsi kontrol sosial dari hukum, mewujudkan ketertiban, keadilan dan ketentraman masyarakat serta fungsi hukum untuk perubahan kehidupan sosial agar lebih berkualitas, maju dan sejahtera, pembangunan yang terarah, komprehensif dan berkesinambungan. Dan hasilnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.
Sesuai dengan ketentuan UUD 1945, bahwa setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan, terhadap siapapun yang melanggar hukum akan dikenakan sanksi sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.
Dengan menyadari arti pentingnya fungsi hukum bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, maka pemerintah menyelenggarakan pembinaan terhadap semua unsur-unsur sistem hukum. Sasaran pembinaan hukum selain materi hukum dan lembaga hukum adalah juga pembinaan terhadap budaya hukum.
sehubungan hal tersebut diatas pada hari Selasa, 15 Nopember 2016 di Balai Pertemuan Desa Ngajum diadakan Sosialisasi Hukum oleh Bagian Hukum Setda Kabupaten Malang
Acara dimaksud dihadiri oleh kurang lebih 60 orang terdiri dari Perangkat Desa, Anggota BPD,LPMD. Guru dan Tokoh Masyarakat di Desa Ngajum, dibuka oleh Camat Ngajum yang diwakili oleh Sekretaris Camat (Gianto Setyo Sasono).

Comments are closed.