UPK BUMDes Bersama “GEMILANG” Kec. Ngajum

UPK BUMDes Bersama “GEMILANG” Kec. Ngajum

0 126

Tidak bisa dipungkiri daerah perdesaan saat ini mulai melakukan kemajuan diberbagai bidang. Salah satu yang cukup terlihat adalah perekonomian yang semakin meningkat. Peningkatan ini tidak bisa dipungkiri karena banyak usaha-usaha yang ada di perdesaan mulai ramai. Bahkan aada yang keluar Daerah.
Usaha yang dilakukan masyarakat perdesaan dapat berkembang karena usaha yang gigih dan terus melakukan Inovasi terhadap usaha yang digeluti. Selain itu penambahan modal juga menjadi factor bias berkembangnya suatu usaha agar bisa menjadi besar. Penambahan modal tersebut salah satunya di dapat masyarakat dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. UPK Kecamatan Ngajum terbentuk, pada awalnya organisasi ini terbentuk karena adanya program pemerintah yaitu PNPM Mandiri Perdesaan. PNPM Mandiri Perdesaan bertujuan untuk mempercepat pengurangan kemiskinan yang ada di Desa PNPM Mandiri perdesaan dalam pelaksanaannya menggunakan System Buttom Up dan bukan Top Down yang berarti kebijakan yang diambil oleh pemerintah berdasarkan usulan dari unsur masyarakat yang paling bawah dengan melibatkan semua unsur masyarakat dengan memprioritaskan manfaat bagi Rumah Tangga Miskin. Ada dua 3 bidang atau sasaran yang termasuk dalam PNPM Mandiri Perdesaan yaitu: bidang infrastruktur, bidang sosial dan bidang ekonomi.
Secara garis besar Tugas Utama UPK pada awalnya yaitu mengelola operasional kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan dan membantu Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) dalam mengkoordinasikan pertemuan pertemuan di tingkat Kecamatan. UPK Kecamatan Ngajum kepengurusannya terdiri dari: Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Kasir. Pengurus UPK berasal dari masyarakat di wilayah kecamatan Ngajum yang di pilih masyarakat berdasarkan Hasil Seleksi ataupun Musyawarah.
Dalam perkembangannya tahun 2014 PNPM Mandiri Perdesaan sudah tidak diperpanjang lagi oleh Pemerintah, sehingga tugas UPK saat ini untuk mengelola dana eks PNPM MP yang berada di Masyarakat. Hal ini sesuai dengan Surat dari Mendes Nomor 5.074/M-DPDTT/02/2017 tertanggal 6 Februari 2017 tentang Rekapitulasi Dana Perguliran dan Aset lain Pasca PNPM- Mandiri Pedesaan sampai Desember 2016. Isi surat tersebut antara lain meminta bupati di lokasi PNPM-MPd memerintahkan kepada Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat melakukan tiga hal, yakni pertama, mendata posisi terakhir neraca dana bergulir per Desember 2016 dan aset lain yang dikelola oleh UPK di tiap kecamatan. Kedua adalah tetap melaksanakan pembinaan dan mekanisme tata kelola perguliran oleh UPK dan lembaga pendukung lain, sesuai dengan standar operasional dan prosedur, serta sesuai dengan petunjuk operasional. Ketiga adalah kegiatan perguliran dana atau kegiatan lain yang bersifat antardesa, tetap dikelola melalui UPK di bawah Badan Kerjasama Antar Desa dengan melalui musyawarah antardesa.
Sesuai surat tersebut UPK Kecamatan Ngajum melaksanakan Amanat yang telah diberikan untuk mengelola dana eks PNPM. Keberhasilan UPK PNPM Kecamatan Ngajum Antara lain mampu melayani Masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dengan cara peminjaman Modal dengan tanpa Agunan. Hal ini membantu masyarakat yang bermodal kecil dan tidak mempunyai Agunan/ Jaminan untuk bias terus mengembangkan usahanya. Selain itu peminjaman yang diberikan UPK Kecamatan Ngajum menggunakan system Tanggung Renteng dalam artian pengajuan Pijaman secara berkelompok.
Menurut Nurul sebagai salah satu nasabah UPK Kecamatan ngajum. Keberadaan UPK sangat membantunya dalam mengembangkan usaha selain tanpa agunan jasa yang dibebankan juga tidak terlalu tinggi. Itulah alasan mengapa dia pinjam di UPK hingga saat ini.
Keberhasilan UPK Kecamatan Ngajum Menurut Fitria Dwi Susanti selain terus bertambahnya pemanfaat UPK bias mempunyai gedung sendiri sebagai hasil dari kegiatan yang dilaksanakan. Dengan adanya gedung sendiri UPK Kecamatan Ngajum diharapka kedepannya bisa membantu mendobrak ekonomi lokal.
Itulah sekelumit tentang UPK Kecamatan Ngajum yang terus mengalami pekembangan. Semoga tetap jaya dan terus bias bermanfaat bagi warga kecamatan ngajum pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>