PERSMIAN SMP 2 NGAJUM

HUMAS – Dua unit sekolah baru berupa gedung sekolah yakni SMPN 2 Ngajum dan SMPN 5 Karangploso hari ini Senin (18/4) diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Malang H.M Sanusi yang digelar di halaman SMPN 2 Ngajum Jl Raya Sukorejo RT 02 RW 06 Desa Kesamben. Kepala Dinas Pendidikan Ir Budi Iswoyo turut hadir dalam giat tersebut beserta Muspika Ngajum didampingi pula dewan guru dan wali murid.

Drs. Ali Affan M.Pd selaku ketua penyelenggara menjelaskan bahwa pembangunan SMPN 2 Ngajum menggunakan dana APBN melalui program block grant pembangunan USB Tahun Anggaran 2015 sebesar Rp. 2.111.015.000,- dengan enam bulan proses pembangunan. “Mulai 14 September 2015 hingga 30 Maret 2016 sekolah ini dibangun hingga selesai pada waktunya. Untuk jumlah siswa yang melakukan kegiatan belajar di SMPN 2 Ngajum ada 25 siswa yang menduduki kelas I dan II sedangkan di SMPN 5 sebanyak 143 siswa yang memanfaatkan gedung sekolah dasar Ngenep Kec. Karangploso terdiri dari 4 kelas dari jenjang kelas I saja,” ungkapnya. Ucapan terima kasih tak hentinya dilontarkan kepada Pemkab Malang khususnya Bupati Malang melalui dinas terkait Dinas Pendidikan. “Semoga dengan bertambahnya gedung sekolah yang ada di Kabupaten Malang bisa menunjang giat belajar 9 tahun dan mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas,” tutupnya.

Kadin Pendidikan menambahkan, maksud dan tujuan pembangunan bidang pendidikan tersebut salah satunya untuk memenuhi aksesibilitas khususnya lulusan SD yang memang sangat membutuhkan keberlangsungan pendidikan hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Menjelaskan terkait usulan pembangunan gedung sekolah yang akan didirikan di Kecamatan Dau dan Pakis. “Bahkan untuk tingkat SLTA rencananya akan dibangun SMK di Kecamatan Wonosari tapi saat kami konsultasikan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan jika tanahnya harus bersertifikat. Untuk sarana dan prasarana juga masih diusahakan mengingat saat pendaftaran siswa baru sekolah yang berluaskan 11.600 m2 ini masih dalam bentuk tanah sehingga besar harapan kami tahun depan dan seterusnya ada penambahan jumlah siswa yang signifikan dengan dilengkapi sarpras yang tercukupi pula”.

Wakil Bupati H.M Sanusi yang akrab disapa abah tersebut mengungkapkan bahwa, “dengan diresmikannya gedung ini semua program pembangunan harus mengarah kepada empat tujuan pokok utamanya di bidang pendidikan. Semoga akses infrastruktur segera dibangun sebelum tahun ajaran baru dimulai, hotmix, drainase, air, listrik dan semua penunjang pendidikan agar digerakkan demi terlaksananya dan suksesnya pendidikan di Kabupaten Malang”. Harapan besar wabup tersebut bahwa tidak hanya dari sisi infrastruktur yang menunjang suksesnya pendidikan suatu daerah akan tetapi kualitas tenaga pengajar (guru) menjadi dasar moral yang lebih berperan bagi anak didik kelak.(win)