Tentang Kami

TENTANG KAMI

Kecamatan Ngajum merupakan kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Malang. Kecamatan Ngajum terdiri dari 9 desa, 34 dusun, 92 RW, dan 329 RT, ke 9 Desa tersebut terdiri dari Desa Ngajum, Maguan, Palaan, Ngasem, Kranggan, Kesamben, Banjarsari, Babadan dan Balesari. Kecamatan ini terletak di sekitar Gunung Kawi jadi setiap orang yang akan berkunjung ke Gunung Kawi akan melewati kawasan Ngajum yang mengarah ke Gunung Kawi. Kecamatan ngajum memiliki penduduk kurang lebih sekitar 61.073 jiwa dengan luas wilayah 6.006,70 Km2. Wilayah Kecamatan Ngajum berada di antara :

Utara : Wagir

Timur : Pakisaji dan Kepanjen

Selatan : Kromengan dan Wonosari

Barat : Wonosari dan Sumber Pucung

Ngajum termasuk beriklim sedang Suhu antara 130 – 230 C  

Jumlah Penduduk Kecamatan Ngajum sebanyak: (2022) 61.073 jiwa, sebagai berikut :

a. Penduduk laki – laki: (2022) 30.702 jiwa

b. Penduduk perempuan: (2022) 30.371 jiwa.

Wilayah Kecamatan Ngajum pada tahun 2022 memiliki 31 Sekolah Dasar, 12 Sekolah Menengah pertama, 2 Sekolah Menengah Atas dan 1 Sekolah Menengah Kejuruan. Kemudian untuk tempat peribadatan berdasarkan Agama di Wilayah Kecamatan Ngajum yaitu : 294 Masjid, 2 Gereja Kristen, 1 Katolik, 12 Pura Hindu, 1 Budha dan 1 Konghucu.

Pada Kantor Ngajum dipimpin oleh seorang Camat, dalam mengemban tugasnya sehari-hari Camat Ngajum dibantu oleh pejabat staf pada masing-masing bidang. Untuk mengurus administrasi kependudukan, masyarakat setempat bisa datang ke Kantor Kecamatan Ngajum yang ber-alamatkan di Jl. Raya A. Yani No. 76 Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Informasi lebih lanjut bisa mengirimkan email ke ngajum@malangkab.go.id atau dapat mengunjungi laman website resmi Kecamatan Ngajum di http://ngajum.malangkab.go.id/.

Ada beberapa industri yang ada di Wilayah Ngajum mulai dari Pabrik Susu Greenfield di Palaan dan Balesari, industri peternakan Lele di Maguan, industri pembuatan tape di Banjarsari dan beberapa industri makanan kecil di Kecamatan Ngajum.